MerdekaViral24

Berita Viral Terupdate Saat Ini

Otomotif

Trik Memperbaiki Audio Mobil Yang Kerap Mati

Trik Memperbaiki Audio Mobil Yang Kerap Mati
Trik Memperbaiki Audio Mobil Yang Kerap Mati

Trik Memperbaiki Audio Mobil Yang Kerap Mati Dengan Berbagai Langkah Untuk Dapat Anda Lakukan Secara Mudah Nantinya. Halo semuanya selamat malam kita kembali lagi dengan berbagai sajian yang menarik. Dan juga kami hadir tentunya dengan berbagai informasi yang akan terus berguna. Nah kali ini kami hadir dengan memberikan sebuah cara untuk mengatasi salah satu masalah yang sering terjadi. Karena masalah satu ini memang sangat mengganggu jika anda yang sering mendengarkan musik. Nah kami ada beberapa cara untuk dapat anda pahami. Terlebih jika anda pandai dalam teknisi dapat mengatasinya sendiri. Jadi simak terus beberapa Trik Memperbaiki Audio mobil yang kerap mati. Tentu ada beberapa cara yang bisa anda ketahui untuk bisa anda pahami nantinya. Sehingga nantinya ada tidak dapat di bohongi oleh para teknisi di beberapa bengkel. Karena kadang ada oknum-oknum yang melebihkan beberapa hal. Untuk itu simak terus kelengkapan cara yang bisa anda ketahui dengan berbagai tindakan.

Mengenai konten Trik Memperbaiki Audio mobil yang kerap mati telah di terbitkan oleh Blibli.com.

Memeriksa Speaker

Memeriksa speaker adalah langkah penting dalam memperbaiki audio mobil yang mati. Pastikan mobil dalam keadaan mati sebelum memulai pemeriksaan untuk menghindari sengatan listrik atau kerusakan lebih lanjut. Anda dapat menggunakan obeng untuk melepas penutup speaker. Penutup ini biasanya terpasang dengan sekrup atau klip. Setelah penutup di lepas, lepaskan speaker dari tempatnya dengan hati-hati. Periksa koneksi kabel yang terhubung ke speaker. Pastikan tidak ada kabel yang kendor atau terputus. Jika kabel terlihat aus atau rusak, gantilah dengan kabel baru. Dan juga dapat mengatur multimeter ke mode ohm (Ω) untuk mengukur bagaimana resistansi. Tempatkan ujung multimeter pada terminal positif dan negatif speaker. Speaker yang baik biasanya memiliki resistansi antara 4 hingga 8 ohm. Jika multimeter menunjukkan nilai resistansi yang sangat tinggi. Ataupun tidak ada resistansi sama sekali atau infinity.

Trik Lain Memperbaiki Audio Mobil Yang Kerap Mati

Selain itu masih ada beberapa Trik Lain Memperbaiki Audio Mobil Yang Kerap Mati. Dan simaklah kelanjutan cara berikutnya:

Melakukan Pengujian Bagian Head Unit Dengan Bench Test

Cara satu ini adalah langkah penting untuk memastikan head unit atau radio atau stereo mobil anda. Tentunya untuk mengecek bahwa masih berfungsi dengan baik. Bench test memungkinkan anda menguji head unit di luar mobil. Dan juga dengan menggunakan sumber daya eksternal dan speaker. Persiapan alat dan bahannya dengan head Unit yang akan di uji. Sumber daya 12V atau bisa menggunakan power supply atau baterai mobil. Dan juga sediakan speaker cadangan atau speaker uji. Kemudian juga sediakan kabel penghubung atau kabel daya dan kabel speaker. Serta sediakan multimeter atau untuk memeriksa tegangan dan koneksi. Dan obeng dan alat-alat lainnya sesuai kebutuhan. Jika menggunakan power supply, atur outputnya ke 12V. Kemudian jika menggunakan baterai mobil. Maka pastikan baterai dalam kondisi baik dan penuh. Periksa diagram kabel pada head unit.

Hal ini biasanya tertera pada stiker di unit atau di manual pengguna. Identifikasi kabel daya (positif dan negatif), kabel ACC (aksesori), dan kabel speaker. Hubungkan kabel daya positif (+12V) dari power supply. Ataupun juga dengan baterai ke kabel daya positif head unit. Kemudian dengan hubungkan kabel daya negatif (ground) dari power supply atau baterai ke kabel ground head unit. Dan jangan lupa hubungkan kabel ACC. Atau hal ini biasanya berwarna merah ke sumber daya positif juga untuk menyalakan head unit. Hubungkan kabel speaker head unit ke speaker uji. Pastikan polaritas (+ dan -) sesuai. Jika head unit memiliki lebih dari satu kanal, anda bisa menghubungkan beberapa speaker. Ataupun hanya satu untuk pengujian awal. Hidupkan power supply atau pastikan baterai terhubung. Nyalakan head unit dengan menekan tombol power. Periksa apakah head unitnya!

Cara Mengatasi Audio Dalam Kendaraan Roda Empat Anda

Kemudian juga masih ada beberapa Cara Mengatasi Audio Dalam Kendaraan Roda Empat Anda. Dan cara lain yang bisa anda terapkan yaitu:

Mengecek Bagian Ground

Mengecek bagian ground pada head unit adalah langkah penting dalam memperbaiki audio mobil yang mati. Ground yang tidak terhubung dengan baik atau rusak dapat menyebabkan head unit tidak berfungsi dengan benar. Persiapankan alat dan bahannya menggunakan multimeter. Atau untuk mengukur resistansi dan tegangan. Dan juga siapkan obeng dan alat-alat lainnya sesuai kebutuhan. Kabel penghubung atau jika perlu untuk penggantian atau perbaikan. Pastikan multimeter dalam kondisi baik dan baterainya terisi penuh. Siapkan obeng dan alat lain yang di perlukan untuk membuka bagian head unit. Kemudian matikan mesin mobil dan lepaskan kunci kontak untuk menghindari kejutan listrik. Gunakan obeng untuk membuka panel dashboard. Kemudian lepaskan head unit dari tempatnya dengan hati-hati. Periksa diagram kabel pada head unit.

Hal ini biasanya tertera pada stiker di unit atau di manual pengguna. Kemudian identifikasi kabel ground. Pastikan kabel ground terhubung dengan baik ke bodi mobil. Atau di beberapa titik ground yang sesuai. Periksa apakah ada korosi, kotoran, atau kerusakan fisik pada koneksi ground. Jika ada, bersihkan atau ganti kabel ground yang rusak. Atur multimeter ke mode kontinuitas. Atau biasanya di tandai dengan simbol dioda atau suara. Tempatkan satu ujung probe multimeter pada kabel ground head unit. Dan juga ujung probe lainnya pada titik ground di bodi mobil. Jika multimeter berbunyi atau menunjukkan nilai rendah. Hal ini berarti kontinuitas ground baik. Jika tidak, ada masalah dengan koneksi ground. Atur multimeter ke mode voltmeter (DC). Tempatkan probe negatif multimeter pada kabel ground head unit dan probe positif pada kabel daya positif (+12V) head unit. Hidupkan mesin mobil dan periksa tegangan. Tegangan harus menunjukkan sekitar 12V.

Cara Lain Mengatasi Audio Dalam Kendaraan Roda Empat Anda

Selanjutnya masih ada Cara Lain Mengatasi Audio Dalam Kendaraan Roda Empat Anda. Dan trik lain yang bisa anda lakukan adalah:

Memeriksa Kondisi Head Unit

Pastikan multimeter dalam kondisi baik dan baterainya terisi penuh. Siapkan obeng dan alat lain yang di perlukan untuk membuka bagian head unit. Kemudian jangan lupa mematikan mesin mobil. Serta lepaskan kunci kontak untuk menghindari kejutan listrik. Gunakan obeng untuk membuka panel dashboard. Serta dengan lepaskan head unit dari tempatnya dengan hati-hati. Gunakan multimeter untuk memeriksa tegangan pada kabel daya. Hal ini biasanya berwarna merah dan kuning. Atur multimeter ke mode voltmeter (DC). Tempatkan probe negatif pada ground dan probe positif pada kabel daya. Tegangan harus menunjukkan sekitar 12V. Jika tidak ada tegangan, periksa sekring. Dan juga kabel daya untuk memastikan tidak ada yang putus atau rusak. Identifikasi kabel ground atau biasanya berwarna hitam. Serta pastikan terhubung dengan baik ke bodi mobil atau titik ground yang sesuai. Gunakan multimeter untuk memeriksa kontinuitas ground. Tempatkan satu ujung probe pada kabel ground.

Dan juga dengan ujung probe lainnya pada titik ground di bodi mobil. Jika multimeter menunjukkan nilai rendah. Hal ini berarti kontinuitas ground baik. Kabel ACC (biasanya berwarna merah) harus memiliki tegangan 12V. Saat kunci kontak berada di posisi ACC atau ON. Gunakan multimeter untuk memeriksa tegangan pada kabel ACC. Periksa koneksi kabel speaker yang terhubung ke head unit. Pastikan tidak ada kabel yang kendor atau putus. Gunakan speaker cadangan untuk menguji apakah masalahnya ada pada speaker. Hubungkan speaker cadangan ke kabel speaker head unit. Kemudian dengan menyalakan head unit untuk melihat apakah suara keluar. Setelah memastikan semua kabel terhubung dengan baik, nyalakan head unit. Periksa apakah head unit menyala dan menampilkan layar atau indikator. Cobalah memutar radio, CD.

Maka beberapa cara mengatasi item dari mobil dari berbagai Trik Memperbaiki Audio.